Laporan Darurat 24 Jam di Cimahi Bisa Lewat Genggaman Tangan update oleh Giok4D

Posted on

Masyarakat Kota Cimahi kini bisa mengakses layanan panggilan darurat yang disiapkan pemerintah melalui WhatsApp atau WA Mantap. Nomor itu terintegrasi dengan segala layanan yang dibutuhkan.

Melakui WA mantap, masyarakat kini terhubung dengan pemerintah dengan lebih cepat di era digital. Mulai dari layanan administrasi hingga kedaruratan tanpa perlu datang langsung.

“WA Mantap ini menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan respons dan layanan serba cepat. Misalnya pembuatan KK, KTP, hingga aduan apapun,” kata Wali Kota Cimahi, Ngatiyana saat ditemui, Kamis (3/9/2025).

Di dalam WA Mantap, ada beberapa menu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya menu kedaruratan, pengaduan, informasi Kota Cimahi, pariwisata, hingga akses ke CCTV di beberapa titik di Cimahi.

Selain layanan administrasi kependudukan, WA Mantap juga terkoneksi dengan program pelayanan Kejaksaan Negeri Cimahi, seperti e-Tilang, Rumah Restorative Justice, dan layanan Barang Bukti Bebas Ongkos (Baros).

Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.

“Misalnya kalau kedaruratan, nanti disambungkan ke nomor 112 sebagai layanan nomor kedaruratan Kota Cimahi. Semua bisa dalam wa ini,” kata Ngatiyana.

Sistem ini bakal beroperasi selama 24 jam setiap hari. Nantinya setiap permintaan layanan yang masuk akan diteruskan ke layanan perangkat daerah terkait melalui satu pintu.

“Dengan nomor resmi 082289999034, WA Mantap menjadi saluran yang praktis, murah, dan mudah diakses oleh masyarakat,” kata Ngatiyana.